5 Alasan Kamu Sering Jadi Tempat Curhat Orang, Pendengar yang Baik

Sedang Trending 6 hari yang lalu 24

Apa anda orang yang sering dipercaya jadi tempat curhat? Kamu jadi menampung banyak cerirta dan rahasia temanmu, mulai dari yang sepele tiba topik berat. Mungkin, anda merasa bingung dan kewalahan membalas curahatan mereka satu per satu.

Namun di balik itu, ada beberapa keistimewaan yang menjadi dalih anda jadi tempat curhat banyak orang. Coba pikirkan, tak mungkin orang berani "investasi" cerita sembarangan. Meluangkan waktu untuk ngobrol dan mencarimu bukannya tanpa alasan. Seperti yang ada pada penjelasan di bawah.

1. Kamu orangnya objektif dan dapat menilai dari dua sisi 

Penilaian objektif sangat dibutuhkan ketika seseorang sedang dilanda masalah. Karena ia tak bisa berpikir jernih, ia mencari saran atau petuah pada orang yang lebih matang. Ketika mereka percaya padamu, itu berarti di mata mereka, anda ialah pribadi yang dewasa.

Saranmu pun nggak berpihak pada satu sisi atau berat sebelah, melainkan setara dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini yang semakin bikin orang lain betah menjadikanmu tempat curhatnya.

2. Kamu orang yang dapat dipercaya 

Percuma bila orang itu dapat dimintai petuah tapi punya mulut ember. Bukannya kelegaan dan rasa aman, malah nambah drama dan konflik baru karena sikapnya. Kepercayaan itu mahal, susah menemukan orang yang benar-benar dapat menjaga rahasia.

Nah, mereka dapat menemukan rasa percaya ini padamu. Jadi, mereka tak perlu risau rahasianya akan rembes ke orang lain.

3. Saranmu bijaksana 

Sikap dan pembawaanmu juga diperhatikan orang, lho. Dewasa tidaknya seseorang dapat terlihat dari caranya dia menyikapi sesuatu. Ini yang membikin orang lain semakin mantab menjadikanmu tempat curhatnya.

Karena anda bijaksana, nasihatmu pun selalu pas sasaran. Tidak selalu lezat didengar, memang, tapi penyampaian dan penggunaan kata-katamu selalu sopan dan tak pernah terkesan menghakimi. Tetap kembangkan watak ini, ya!

4. Kamu orangnya lembut dan pengertian 

Siapa yang nggak suka cerita dengan orang yang pengertian? Pasti rasanya adem di hati, seperti diterima dan dimengerti.

Sikap seperti ini meski terlihat remeh dan sederhana, rupanya sangat bermanfaat bagi orang lain. Ada kelegaan sendiri dalam hati saat menerima responmu.

5. Kamu pendengar yang baik 

Terkadang saat cerita, orang hanya mau didengar tanpa dihakimi macam-macam. Penghakiman itu rupanya dapat secara tersirat, lho. Menyindir, tatapan mata yang tak enak, bahasa tubuh yang seolah menolak, itu sudah bikin orang nggak nyaman dan jadi enggan bila curhat.

Sebaliknya, anda mempunyai sikap seorang pendengar yang baik. Tidak pernah memotong cerita, selalu konsentrasi mendengar, tak pernah membandingkan dengan cerita diri sendiri atau orang lain. Gak heran, banyak yang betah cerita denganmu.

Kelima sikap di atas positif dan harus dikembangkan. Jangan capek jadi tempat curhat orang, ya. Walau hanya jadi pendengar, anda sudah dapat meringankan beban mereka.

Saksikan Video 5 Alasan Kamu Sering Jadi Tempat Curhat Orang, Pendengar yang Baik Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel